-->

19 Tempat Wisata Alam di Kudus Jawa Tengah

19 Tempat Wisata Alam Di Kudus Jawa Tengah

Wisata Alam - Bila kamu mendengar nama Kabupaten Kudus, kira- kira apa yang langsung terbayang di benak kamu? Kota yang identik dengan kretek ini nyatanya menaruh banyak kemampuan. Kemampuan kuliner, kretek, sejarah, alam yang indah hingga objek wisata yang menarik buat didatangi.

Kabupaten Kudus pula diketahui selaku kota Santri. Di Kota ini pula terdapat sebagian makam wali songo yang sangat kharismatik itu. Saat sebelum kita bahas seputar tempat wisata di Kudus, terdapat baiknya jika berkenalan terlebih dulu dengan kota yang populer dengan kuliner Sotonya yang fenomenal ini.

Kudus ialah salah satu Kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah, terdapat banyak tempat wisata di Kudus. Ibukota kabupaten terletak di Kota Kudus. Kudus terletak di jalan tepi laut timur laut Jawa Tengah antara Kota Semarang serta Kota Surabaya. Kota ini berjarak 51 km dari timur Kota Semarang. Pada masa dulu sekali sampai saat ini, Kudus sangat kental sekali dengan ajaran islamnya, paling tidak terdapat 3 makam wali/ sunan, ialah Sunan Kudus, Sunan Muria, serta Sunan Kedu.

Sebagian besar daerah Kabupaten Kudus merupakan dataran rendah. Di sebagian daerah utara ada pegunungan( ialah Gunung Muria), dengan puncak Gunung Saptorenggo( 1. 602 meter dpl), Gunung Rahtawu( 1. 522 meter dpl), serta Gunung Argojembangan( 1. 410 meter dpl). Sungai terbanyak merupakan Sungai Serbu yang mengalir di sebelah barat, menghalangi Kabupaten Kudus dengan Kabupaten Demak. Kudus dibelah oleh Sungai Gelis di bagian tengah sehingga ada sebutan Kudus Barat serta Kudus Timur.( Wikipedia)

Berikut ini 19 tempat wisata alam di Kudus yang menarik buat kalian kunjungi,. Silahkan jelajah tempat- tempat berikut ini:


Tempat Wisata Alam Di Kudus


1. Kawasan Wisata Colo Kudus

Tempat wisata di Kudus Jawa Tengah yang harus kamu kunjungi awal merupakan kawasan wisata Colo. Kawasan wisata ini menawarkan panorama wisata alam yang sayang sekali buat di lewati.

Kawasan Wisata Colo KudusKawan Colo sendiri terletak dekat 18 km dari pusat kota kudus ke arah utara. Posisi tepatnya terdapat di kawasan pegunungan muria, Ds Colo, Kec. Dawe Kudus.

Kawasan Colo sangat mirip dengan tempat wisata di Magelang, ialah kawasan wisata Berbekas yang sangat populer itu. Kawasan wisata colo menyuguhkan panorama alam khas pegunungan yang sejuk serta asri, sangat menenangkan pastinya. Di kawasan ini ada makam sunan muria. makam sunan muria terletak di puncak pegunungan


2. Air terjun Montel di Kudus

Tempat wisata di Kudus berikutnya masih terletak di dalam kawasan Colo, air terjun ini pula harus kalian kunjungi dikala liburan di Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Air terjun Montel di KudusLokasi pas air terjun ini terletak di sebelah utara makam wali sunan muria, alamatnya terdapat di Ds kajar, Kec dawe Kudus. Air terjun tersebut memiliki ketinggian air dekat 50 m.

Air terjun ini telah mempunyai sarana yang lumayan mencukupi, ada mushola, tempat parkir yang luas, warung makan, kios yang menjual bermacam berbagai cindramata khas colo serta lain sebagainya. Serta buat harga tiket masuk ke air terjun montel ini merupakan Rp. 5000 per orang.

Disini kamu dapat menikmati segarnya air terjun yang jatuh dari ketinggian. Air disini pula dapat diminum kok, fresh serta bersih pastinya. Buat jalur mengarah lokasinya pula terbilang lumayan bagus.

Alamat: Desa Kajar, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah.

Peta serta Koordinat GPS: 6° 38′ 28. 49″ S 110° 53′ 36. 32″


3. Air Terjun Gonggomino Colo kudus


Masih pada posisi kawasan wisata Colo, terdapat satu lagi objek wisata yang dapat kamu kunjungi, ialah air terjun gonggomino. Air terjun gonggomino lokasinya bersebelahan dengan air terjun montel.

Air Terjun Gonggomino Colo kudusWisata pula bisa menikmati mandi di air terjun ini sepuasnya. Buat mengarah posisi air terjun ini kamu dapat menyusuri sungai yang berloaksi di kawasan Rejenu.

Nah, jika telah berencana buat mendatangi kawasan Colo, jangan hingga tidak mendatangi air terjun nan menawan serta menyegarkan ini ya.


4. Desa Wisata Rahtawu Kudus

Berikutnya, Rahtawu jadi tempat wisata di Kudus yang menarik serta sayang buat kita lewati. Posisi objek wisata Rahtawu ini terletak di lereng gunung muria, tepatnya terletak di Kecamatan Gebong Kudus.

Desa Wisata Rahtawu KudusDesa wisata Rahtawu terletak di ketinggian 1627 mdpl yang membuat hawa disini begitu sejuk serta fresh. Di desa tersbut pula ada sungai yang jernih yang dapat kamu pakai unutk mandi serta bermain air. Tidak hanya menyuguhkan panorama alam alam pegunungan yang begitu menraik di kawasan tersebut pula ada bangunan– bangunan pertapaan yang dapat kamu jelajah


5. Air 3 Rasa Rejenu

Tempat wisata di Kudus berikutnya merupakan suatu sendang ataupun sumber air yang diyakini mempunyai manfaat yang unik. Cerita menimpa manfaat ini telah turun temurun serta sampai saat ini sebagian orang masih mempercayainya.

Air 3 Rasa RejenuNama objek wisata ini merupakan air 3 rasa rajenu. Sendang ini masih terletak di kawasan gunung muria. Objek wisata ini terletak di atas air terjun montel, silahkan berjalan mengarah ke arah utara dari makam sunan muria.

Berikut ini manfaat dari mata air“ Rajenu” yang tumbuh dimasyarakat:

* Sumber Air yang awal mempunyai rasa tawar- tawar masam( Jawa: anyep- anyep asem/ kecut) yang dipercaya mempunyai manfaat bisa menyembuhkan bermacam penyakit.

* Di, Sumber Air Kedua kamu hendak merasakan air yang mirip dengan minuman ringan bersoda yang dipercaya mempunyai manfaat bisa meningkatkan rasa yakin diri dalam mengalami bermacam kasus hidup.

* Sebaliknya pada Sumber Air Ketiga mempunyai rasa mirip minuman keras“ tuak/ arak” yang dipercaya mempunyai manfaat bisa memperlancar rezeki, tetapi pastinya diiringi dengan kerja keras.

Tetapi uniknya, bila ketiga tipe air tersebut bila dicampur jadi satu hingga kamu hendak merasakan air tawar semacam biasa. Kamu yakin dengan manfaat di atas? Hendaknya tidak ya, sebab seluruhnya bergantung dari yang di Atas: D.

Alamat: Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.


6. Gray Canyon Kudus

Gray canyon jadi tempat wisata di Kudus yang menarik buat kita kunjungi berikutnya. Objek wisata yang lumayan unik ini sangat mirip dengan green canyon di Amerika situ.

Gray Canyon KudusKarena kegiatan penambangan bahan galian C, suatu kawasan perbukitan saat ini jadi objek wisata yang mirip dengan green canyon di luar negara situ.

Silahkan tiba saja ke desan Tanjung Rejo yang terdapat di kecamatan Jekulo, disini kamu hendak merasa semacam lagi terletak di luar negara.

Alamat: Tanjung Rejo, kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.


7. Bumi Perkemahan serta Wana Wisata Kajar

Kamu berminat buat liburan dengan konsep outbond ataupun camping? Tidak hanya di Bogor, di Kudus pula terdapat tempat yang seru buat mengadakan camping serta out bond.

Bumi Perkemahan serta Wana Wisata Kajar

Bumi Perkemahan serta Wana Wisata Kajar layak jadi destinasi liburan di Kudus bersama keluarga tercinta. Wahana liburan ini terletak di kawasan hutan pinus serta berjarak dekat 3 km dari makam sunan muria.

Kawasan wisata ini sangat sesuai selaku bumi perkemahan sebab lokasinya yang terletak di ketinggian 600 mdpl serta banyak ada pepohonan pinus. Tidak hanya bersama keluarga, wahana ini pula cocok buat dijadikan tujuan pelatihan lembaga ataupun organisasi.


8. Web Pati Ayam

Web patiayam jadi tempat wisata di Kudus yang menawarkan atmosfer yang kental dengan sejarah. Di web ini kiga dapat memandang serta memahami bermacam berbagai fosil yang sempat ditemui masyarakat dekat. Kawasan Pati ayam ditengarai ialah pusat peradaban manusia purba, sehingga banyak ditemui bermacam berbagai fosil semacam gading gajah purba, gigi geraham dll

Web Pati AyamLokasi museum ini terdapat di Desa Terban Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Disini kita dapat memandang fosil fauna purba dengan dimensi raksasa. Replika manusia purba pula hendak kita temukan di museum ini. Posisi Web Pati Ayam pula masih terletak di kawasan Gunung Muria.


9. Air Terjun Pengantin

Air terjun pengantin? Wah dari namanya lumayan menarik ya. Mengapa kok dinamai air terjun pengantin? Apa sebab yang kesini cuma pendamping pengantin saja? Gimana dengan yang jomblo?😀

Air Terjun PengantinTenang, air terjun pengantin dapat dikunjungi oleh siapa saja kok. Dinamai air terjun pengantin sebab dibagian tengah air terjun ini ada batu yang membelah air terjun ini jadi 2 bagian.

Air terjun pengantin pula dinamai air terjun kembar. Lokasinya terdapat di Dusun Bakaran, Piji kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, tepatnya terletak di sebelah Barat Masjid Benter.

Di air terjun pengantin ini kita dapat mandi- mandi sepuasnya. Jadi, membawa gunakan ubah ya. Sangat sayang sekali jika liburan ke Kudus tidak berupaya sensasi mandi di air terjun pengantin.


10. Air Terjun Rahtawu

Sesungguhnya masih terdapat banyak air terjun lain yang dapat kita kunjungi di Kudus. Selanjutnya, air terjun Rahtawu dapat kamu masukan dalam catatan kunjungan kamu.

Air Terjun RahtawuDari namanya saja kita dapat menduga air terjun ini terdapat dimana. Air terjun Rahtawu terletak di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Tepatnya terletak di jalur utama ke Rahtawu Kiri Jembatan.

Di air terjun ini kamu dapat mandi- mandi sepuasnya. Untuk kamu pecinta alam, air terjun rahtawu wajib masuk dalam catatan tempat wisata di Kudus yang hendak kamu kunjungi.

Yakinkan pula kalau kamu tidak mengotori ataupun mencemari posisi wisata yang masih asri ini.


11. Goa Jepang di Colo Kudus

Di Kudus pula ada goa Jepang yang dapat peruntukan tempat bernostalgia, mengenang perjuangan bangsa kita dalam melawan agresi Jepang.

Goa Jepang di Colo KudusGoa jepang menaruh sejuta kenangan getir serta memilukan gimana penjajah Jepang memperalat pribumi. Goa ini posisinya agak tersembunyi di kawasan Colo

Buat dapat menggapai goa ini bukanlah gampang, kamu wajib menyusuri sungai serta jalur setapak sepanjang kurang lebih satu jam. Tenang, panorama alam hutan yang indah hendak menemani kalian selama ekspedisi.

Di pinggir sungai, kalian hendak menciptakan goa yang kalian tuju. Pintu masuk goa ini lumayan kecil, sedangkan goanya membentuk lorong yang memanjang sepanjang 100 m dengan lebar dekat 2 m. Jika kalian memanglah penyuka tantangan, jangan lewati petualangan menjelajahi goa aset Jepang ini.


12. Puncak 29 Kudus

Puncak 29 pula belum lama ini tiba- tiba populer sebab bermacam pose gambar di media sosial yang viral. Puncak 29 pula mempunyai nama lain, ialah puncak Saptorenggo ataupun Puncak Songolikur merupakan puncak paling tinggi di Gunung Muria Jawa Tengah dengan ketinggian 1602 m dpl.

Puncak 29 KudusPuncak 29 ini masuk dalam daerah administratif desa Rahtawu, Gebog Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Tidak hanya jadi puncak yang menarik atensi tiap Pecinta Alam buat mendakinya, pula jadi tempat tujuan untuk para pencari berkah serta pelakon spiritual utamanya pada tiap bulan sura ataupun bulan muharam.

Ada 2 rute pendakian yang bisa ditempuh buat menggapai puncak Songolikur. Rute tersebut merupakan:

* Lewat Pos Pendakian di dukuh Semliro desa Rahtawu, Gebog Kabupaten Kudus.

* Lewat Pos di desa Tempur, Keling, Kabupaten Jepara. Wukir Rahtawu merupakan suatu gunung yang terletak berdampingan dengan gunung Muria.

 

13. Air Terjun Ternadi

Tempat wisata di Kudus berikutnya merupakan air terjun ternadi yang terdapat di Desa Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Air Terjun TernadiTepatnya di atas Makam Kaliyetno, berjalan kearah Watu Payung kurang lebih Menit kanan jalan trek arah Watu Payung Ternadi.

Air terjun ini pula layak kamu masukan dalam catatan tempat wisata di Kudus yang hendak kamu kunjungi.

14. Wisata Air Terjun Kalibanteng Kudus

Tempat wisata di Kudus berikutnya masih berbentuk air terjun, ialah air terjun Kalibanteng yang terdapat di desa wisata Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Air terjun ini mempunyai ketinggian 30 m serta yang unik dari air terjun ini ialah, airnya tidak langsung jatuh ke dasar, melainkan lewat sebagian undakan semacam penampungan air yang dapat kita pakai buat berenang dengan kedalam 100 centimeter di bagian atas serta di bagian dasar kedalaman dekat 50 centimeter. Sehingga untuk wisatawan yang bisa jadi belum dapat berenang tidak butuh takut, sebab dapat memilah posisi berenang.

Wisata Air Terjun Kalibanteng KudusUntuk kamu yang mau mengarah air terjun ini, tidak butuh takut sebab terdapat papan petunjuk arah hingga ke posisi air terjun yang sangat mempermudah turis yang tiba. Kamu dapat memakai motor hingga di dekat posisi air terjun ataupun menitipkan pada masyarakat dekat. Nah, buat masuknya, kamu hendak dikenakan tiket masuk Rp. 2500 per orang, dapat di bilang sangat terjangkau dimana kita dapat menikmati keelokan alam dan fresh serta jernihnya air terjun kali Banteng.

15. Wisata Air Terjun Kedung Gender

Tempat wisata di Kudus berikutnya merupakan air terjun Kedung Gender yang terdapat di Dukuh Ceglik, Desa Japan, Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Air terjun ini saat ini mulai ramai didatangi oleh turis sehabis diliput sebagian waktu kemudian, kamu dapat mendatangi air terjun ini lewat jalan wisata Colo.

Wisata Air Terjun Kedung Gender Hingga di halte wisata ambil arah gembong via desa Japan. Setalah melewati Jembatan saat sebelum tanjakan belok kakan, kemudian menciptakan pemukiman masyarakat. Nah, kamu hendak dipimpin oleh masyarakat buat hingga ke air terjun ini.

16. Wisata Pendakian Gunung Muria Kudus

Tempat wisata di Kudus berikutnya merupakan di puncak Gunung muria. Gunung muria jadi salah satu destinasi wisata kesukaan di Kudus yang sayang buat dilewatkan. Untuk kamu penggemar berolahraga mendaki kamu dapat berupaya mendaki gunung muria yang terdapat di desa Rahtawu, gebog kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Wisata Pendakian Gunung Muria KudusGunung Muria ini mempunyai ketinggian 1. 602 Mdpl. Puncak gunung muria sendiri mempunyai banyak spot, antara lain semacam puncak 29 yang telah disebutkan spesial di atas( puncak paling tinggi), puncak natas angina, puncak argowiloso, puncak argojembangan, serta puncak abiyoso.

Kamu dapat menikmati keelokan pesona alam dari ketinggian serta kita dapat mengabadikan moment- moment indah baik di dikala matahari terbit ataupun hanya menikmati temperatur dingin tetapi sejuk.

17. Tempat Wisata Sendang Jodo Kudus

Tempat wisata di Kudus berikutnya merupakan Sendang Jodo yang terdapat di desa Purworejo, kecamatan Bae. Buat mengarah objek wisata ini memerlukan usaha ekstra sebab jalanan yang masih kurang baik.

Tempat Wisata Sendang Jodo KudusMeskipun jalanan tidak baik, tetapi objek wisata di Kudus yang satu ini senantiasa diminati oleh turis dari bermacam wilayah di Indonesia. Bagi mitos yang tumbuh menimpa sendang ini, konon siapa yang tiba hendak didekatkan jodohnya. Tetapi pasti saja kembali ke Si Pencipta, sebab jodoh kan telah didetetapkan, tinggal dijemput saja.

18. Desa Wisata Wonosoco Kudus

Tempat wisata alam di Kudus berikutnya merupakan di Desa Wonosoco yang adadi Selatan Kota Kudus. Desa ini dapat ditempuh cuma dekat 45 menit dari pusat Kota. Desa yang terletak di Kecamatan Undaan ini mempunyai keelokan alam berbentuk hamparan hijau sawah serta pegunungan kars kendeng yang membentang dari Timur ke Barat.
Desa Wisata Wonosoco KudusAda banyak objek wisata di Desa ini, mulai dari wisata goa, sendang, serta petilasan. Aktivitas budaya disuguhkan oleh warga Wonosoco secara teratur masing- masing tahun. Cuma dengan mengocek duit sebesar 3000 rupiah per orang mata wisatawan telah bisa dimanjakan hendak indahnya panorama alam khas pegunungan itu. Kamu pula dapat menikmati indahnya alam berbentuk Pegunungan Kendeng, Hutan Jati, Sendang dewot, dan Persawahan Kacang.

19. Wisata Desa Jurang Gebog Kudus

Tempat wisata di Kudus berikutnya terdapat di desa Jurang yang terdapat di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Kawasan desa ini terletak di aliran kali gelis tepatnya di dekat bendungan Karanggayam. Disinilah kalian dapat temukan tempat yang begitu memesona, posisi Desa Jurang memanglah lumayan susah di jangkau.

Wisata alam Desa Jurang Gebog KudusDengan hamparan sawah yang menghijau tentu hendak membuat siapa saja yang tiba hendak terpesona serta terpukau. Sangat sesuai buat kamu mau memperoleh atmosfer yang menenangkan. Tidak hanya persawahan di mari pula ada jembatan gantung yang umurnya terbilang sangat tua. Itu teruji dari kawat jembatan yang telah sangat berkarat sampai alas jembatan yang dibuat dari kayu pula nampak sedikit rapuh.

LihatTutupKomentar

TXTMedia is a website that provides news and information about games, esports, lifestyle and entertainment, of course with the latest celebrity update